
Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAS PKN Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah contoh soal dan kunci jawaban Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) untuk kelas 2 semester 1 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Soal-soal ini dapat digunakan sebagai bahan persiapan belajar, baik oleh siswa maupun orang tua atau wali dalam membantu anak memahami materi sebelum menghadapi ujian.
Soal-soal yang disajikan dirancang untuk membantu siswa menguasai konsep-konsep dasar PKN seperti sikap jujur, gotong-royong, kepedulian terhadap lingkungan, serta pentingnya kerukunan antarumat beragama dan masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh soal beserta kunci jawabannya:
- Amir suka mencoret-coret dinding kelas. Kamu sudah menasehatinya, tetapi Amir tetap saja melakukannya. Kamu sebaiknya ...
- a. Memukulnya
- b. Membiarkannya
-
c. Melaporkan kepada guru Kunci Jawaban: C
-
Kegiatan gotong-royong dapat menumbuhkan semangat ....
- a. Perpecahan
- b. Persatuan
-
c. Permusuhan Kunci Jawaban: B
-
Banu terjatuh ketika mengejar bola. Yang harus kita lakukan adalah ....
- a. Membiarkannya
- b. Menertawakannya
-
c. Menolongnya Kunci Jawaban: C
-
Rara mendapat tugas piket. Yang harus dilakukan Rara yaitu ...
- a. Datang lebih pagi
- b. Datang terlambat
-
c. Tidak ikut piket Kunci Jawaban: A
-
Yang dimaksud jujur adalah ...
- a. Berkata tidak sebenarnya
- b. Berkata apa adanya
-
c. Suka berbohong Kunci Jawaban: B
-
Kita tidak boleh bekerja sama dalam hal ...
- a. Kebaikan
- b. Kejahatan
-
c. Tolong-menolong Kunci Jawaban: B
-
Badak bercula satu merupakan hewan langka. Hewan ini harus ...
- a. Diburu
- b. Dilindungi
-
c. Dibiarkan Kunci Jawaban: B
-
Contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila pertama adalah ...
- a. Membantu ibu membersihkan kamar
- b. Berdoa bersama sebelum makan
-
c. Menolong ayah memperbaiki sepeda Kunci Jawaban: B
-
Tolong menolong adalah perbuatan terpuji, oleh sebab itu harus ....
- a. Dihindari
- b. Dibiasakan
-
c. Diabaikan Kunci Jawaban: B
-
Manfaat sikap tolong-menolong adalah ....
- a. Pekerjaan berat menjadi ringan
- b. Membuang-buang tenaga
- c. Mendapat pujian Kunci Jawaban: A
-
Salsa dan Yoga saling bermusuhan. Yang harus kita lakukan adalah ....
- a. Membela salah satunya
- b. Mengadu domba
- c. Mendamaikannya Kunci Jawaban: C
-
Menjaga kerukunan antarumat beragama merupakan kewajiban ....
- a. Pemerintah
- b. Aparat negara
- c. Setiap warga negara Kunci Jawaban: C
-
Contoh perbuatan yang mencerminkan peduli terhadap lingkungan adalah ....
- a. Membuang sampah sembarangan
- b. Menggunduli hutan
- c. Membersihkan halaman rumah Kunci Jawaban: C
-
Lingkungan yang kotor akan membuat hidup kita menjadi ....
- a. Tidak nyaman
- b. Sehat
- c. Tenteram Kunci Jawaban: A
-
Menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban ....
- a. Kepala desa
- b. Orang tua
- c. Semua orang Kunci Jawaban: C
-
Andi suka mencoret-coret dinding kelas. Kamu sudah menasehatinya tetapi Andi tetap saja melakukannya. Yang sebaiknya kamu lakukan yaitu ....
- a. Memukulnya
- b. Membiarkannya
- c. Mengadu pada guru Kunci Jawaban: C
-
Kekayaan alam Indonesia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Agar kekayaan alam tidak rusak atau punah, maka kita harus ....
- a. Membiarkannya
- b. Menjaga dan melestarikannya
- c. Mengambil dan memanfaatkannya Kunci Jawaban: B
-
Badak bercula satu merupakan hewan langka. Hewan ini harus ....
- a. Diburu
- b. Dilindungi
- c. Dibiarkan Kunci Jawaban: B
-
Menggunakan sumber daya alam sebaiknya ....
- a. Terus-menerus
- b. Berdasarkan kemauan
- c. Sesuai kebutuhan Kunci Jawaban: C
-
Tempat untuk melindungi binatang langka adalah ....
- a. Suaka margasatwa
- b. Cagar alam
- c. Peternakan Kunci Jawaban: A
-
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah kewajiban ....
- a. Guru dan murid
- b. Tukang kebun
- c. Semua warga sekolah Kunci Jawaban: C
-
Tujuan penanaman pohon-pohon di sepanjang jalan raya adalah ....
- a. Agar udara menjadi segar
- b. Agar buahnya bisa dipetik
- c. Agar lalu lintas menjadi lancar Kunci Jawaban: A
-
Menyayangi binatang dan tumbuhan berarti menjaga kelestarian ....
- a. Hewan
- b. Tumbuhan
- c. Alam Kunci Jawaban: C
-
Bersatu kita teguh, bercerai kita...
- a. Jauh
- b. Lumpuh
- c. Runtuh Kunci Jawaban: C
-
Jika tidak ada persatuan di kelas akan mengakibatkan ...
- a. Mudah menerima pelajaran
- b. Proses belajar tidak nyaman
- c. Suasana di kelas menjadi lebih tenang Kunci Jawaban: B
-
Tidak membedakan suku, agama, dan ras dalam berteman sesuai dengan Pancasila sila ke ...
- a. Pertama
- b. Keempat
- c. Kedua Kunci Jawaban: B
-
Saat bermain dengan teman, kita tidak boleh ...
- a. Mengalah
- b. Bersikap jujur
- c. Berbuat sesuka hati Kunci Jawaban: C
-
Salah satu contoh aturan bermain di tempat wisata yaitu ...
- a. Bebas melakukan permainan yang berbahaya
- b. Membuang sampah sembarangan
- c. Bermain dengan hati-hati dan menjaga kebersihan tempat wisata Kunci Jawaban: C
-
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
- Ujang menerima usul teman-teman.
- Didin menolong Maria.
- Pemilihan ketua kelas dengan musyawarah.
- Dani pergi beribadah. Sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila adalah . . .
- a. 1 dan 3
- b. 3 dan 4
- c. 1 dan 2 Kunci Jawaban: A
-
Coba perhatikan pernyataan berikut: A. Datang tepat waktu B. Memakai seragam dengan rapi C. Bertengkar dengan teman D. Berdoa sebelum memulai pelajaran Dari pernyataan di atas manakah yang termasuk peraturan sekolah ...
- a. C dan D
- b. A dan B
- c. B dan C Kunci Jawaban: B
-
Rizki selalu menolong orang lain agar mendapatkan pujian. Sikap Rizki tersebut adalah ….
- a. Pantas ditiru
- b. Tidak pantas ditiru
- c. Sangat mulia Kunci Jawaban: B
-
Jika ada pengemis yang datang ke rumah kita, maka sebaiknya kita ….
- a. Mengejeknya karena ia meminta harta kita
- b. Memberinya semampu kita
- c. Mengacuhkannya dan tidak peduli Kunci Jawaban: B
-
Menolong orang lain berarti juga bahwa hidup kita bisa ….
- a. Bermanfaat
- b. Bermartabat
- c. Berpangkat Kunci Jawaban: A
-
Contoh manfaat hidup rukun adalah ….
- a. Suasana menjadi damai selalu
- b. Hidup menjadi tertekan
- c. Suasana terasa tidak nyaman Kunci Jawaban: A
-
Hidup rukun adalah hidup yang saling ….
- a. Bersaing
- b. Menghormati
- c. Bermusuhan Kunci Jawaban: B
-
Sesama teman kita tidak boleh saling ….
- a. Menolong
- b. Membantu
- c. Menghina Kunci Jawaban: C
-
Hidup yang rukun menumbuhkan rasa ….
- a. Persatuan
- b. Semangat
- c. Malas Kunci Jawaban: A
-
Hidup rukun harus diilakukan ….
- a. Di sekolah
- b. Di rumah
- c. Di mana saja Kunci Jawaban: C
-
Menolong orang lain itu tidak boleh ….
- a. Pilih-pilih
- b. Dengan ikhlas
- c. Dengan tulus Kunci Jawaban: A
-
Manusia tidak bisa hidup secara ….
- a. Bersama-sama
- b. Tolong menolong
- c. Sendiri Kunci Jawaban: C
-
Andi melihat kucing tercebur ke selokan. Lalu Andi menolongnya. Perbuatan Andi adalah perbuatan yang baik karena ….
- a. Menolong hewan akan dipuji orang
- b. Hewan juga adalah ciptaan Tuhan
- c. Hewan akan membawa keberuntungan Kunci Jawaban: B
-
Orang yang suka menolong akan ….. orang banyak.
- a. Dibenci
- b. Dikasihani
- c. Disayangi Kunci Jawaban: C
-
Siswa yang suka bertengkar maka ia akan ….
- a. Memiliki banyak teman
- b. Disayang oleh bapak dan ibu guru
- c. Hanya punya sedikit teman Kunci Jawaban: C
-
Jika banyak teman kita yang setiap hari bertengkar di kelas, maka suasana kelas menjadi ….
- a. Tidak nyaman
- b. Sangat meriah
- c. Sangat seru Kunci Jawaban: A
-
Kegiatan yang bisa mempererat kerukunan di masyarakat adalah ….
- a. Mengerjakan PR
- b. Kerja bakti
- c. Bertengkar dengan tetangga Kunci Jawaban: B