Bocoran Jawaban Modul 3.1-3.6 PINTAR Kemenag 2025, Inovasi Madrasah yang Menginspirasi

Erlita Irmania
0
Bocoran Jawaban Modul 3.1-3.6 PINTAR Kemenag 2025, Inovasi Madrasah yang Menginspirasi

Bocoran Jawaban Modul 3.1-3.6 PINTAR Kemenag 2025

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui platform PINTAR menggelar pelatihan daring bertajuk "The Hero In Learning: Belajar adalah bentuk perjuangan masa kini." Salah satu program yang dilaksanakan adalah Pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah, yang bertujuan untuk mendorong praktik baik dan inovasi di lingkungan madrasah sebagai kontribusi nyata dalam memajukan mutu pendidikan keagamaan.

Pelatihan ini diselenggarakan secara full online dan asynchronous berbasis MOOC, sehingga peserta dapat mengikutinya dengan fleksibel tanpa sesi Zoom atau tatap muka. Pendaftaran telah dibuka pada 10–12 November 2025, sementara pelatihan berlangsung dari 13–17 November 2025 dengan total 20 JP. Peserta dapat menyelesaikan modul kapan saja selama periode tersebut.

Sasaran pelatihan mencakup kepala madrasah, wakil kepala, guru, pengawas, serta bagian pendidikan madrasah di kantor Kemenag. Tujuan utamanya adalah agar setiap madrasah mampu menjadi pelopor inovasi dan berbagi praktik baik untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Materi pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag 2025 mencakup beberapa modul, yaitu:

  • Modul 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah
  • Modul 3.2 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 1
  • Modul 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 2
  • Modul 3.4 Konsep Inovasi Madrasah
  • Modul 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice)
  • Modul 3.6 Penyusunan Rancangan Program Inovasi Madrasah

Berikut adalah bocoran jawaban untuk modul-modul tersebut:


Kunci Jawaban 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah

  1. Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk....
  2. A. Meningkatkan kompetensi guru
  3. B. Meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan madrasah
  4. C. Meningkatkan kualitas pendidikan agama
  5. D. Semua jawaban benar
  6. Jawaban: D

  7. Manajemen berbasis madrasah adalah konsep manajemen yang berorientasi pada:

  8. A. Peningkatan mutu pendidikan
  9. B. Pemenuhan kebutuhan siswa
  10. C. Keuntungan finansial
  11. D. Efisiensi penggunaan sumber daya
  12. Jawaban: A

  13. Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

  14. A. Melakukan evaluasi dan pemantauan kegiatan
  15. B. Menyusun anggaran belanja madrasah
  16. C. Semua jawaban benar
  17. D. Menetapkan aturan dan tata tertib madrasah
  18. Jawaban: A

  19. Salah satu prinsip manajemen berbasis madrasah adalah....

  20. A. Semua jawaban benar
  21. B. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
  22. C. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran
  23. D. Pendidikan berbasis karakter
  24. Jawaban: A

  25. Tujuan dari manajemen berbasis madrasah adalah....

  26. A. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya
  27. B. Semua jawaban benar
  28. C. Meningkatkan efisiensi biaya operasional
  29. D. Meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua
  30. Jawaban: B

  31. Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

  32. A. Melakukan evaluasi kurikulum
  33. B. Meningkatkan pendapatan yayasan
  34. C. Menambah jumlah tenaga pengajar
  35. D. Memperbaiki fasilitas fisik madrasah
  36. Jawaban: A

  37. Metode pengembangan manajemen berbasis madrasah yang dapat dilakukan adalah:

  38. A. Meningkatkan fasilitas fisik madrasah
  39. B. Semua jawaban benar
  40. C. Pelatihan dan pembinaan guru
  41. D. Pengadaan perangkat pembelajaran
  42. Jawaban: B

  43. Salah satu tugas kepala madrasah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

  44. A. Menyusun kurikulum madrasah
  45. B. Semua jawaban benar
  46. C. Mengelola program pendidikan
  47. D. Mengatur keuangan madrasah
  48. Jawaban: B

  49. Manajemen berbasis madrasah melibatkan pihak-pihak seperti:

  50. A. Orang tua siswa
  51. B. Semua jawaban benar
  52. C. Kepala madrasah
  53. D. Guru
  54. Jawaban: B

  55. Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk:

    • A. Meningkatkan efektivitas pengelolaan madrasah
    • B. Meningkatkan peran guru dalam pembelajaran
    • C. Meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan
    • D. Semua jawaban benar
    • Jawaban: D

Kunci Jawaban 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 2

  1. Peraturan yang mengatur tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan tercantum dalam....
  2. A. Permendikbudristek No 5 Tahun 2022
  3. B. Permenbudristek No 32 Tahun 2022
  4. C. PP No 4 Tahun 2022
  5. D. Permendikbudristek No 9 Tahun 2022
  6. Jawaban: C

  7. Pasal 3 Ayat (2) dalam PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menyebutkan bahwa SNP digunakan sebagai acuan....

  8. A. standarisasi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan
  9. B. pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
  10. C. terpenuhinya target Generasi Emas 2045
  11. D. penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, nonformal dan informal
  12. Jawaban: B

  13. Kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan disebut.....

  14. A. standar penilaian Sekolah
  15. B. standar pengelolaan
  16. C. standar kompetensi lulusan
  17. D. standar proses
  18. E. standar penilaian Pendidikan
  19. Jawaban: C

  20. Berikut ini adalah dasar ruang lingkup materi yang dirumuskan dalam standar isi, kecuali....

  21. A. konsep keilmuan
  22. B. jalur
  23. C. latar belakang
  24. D. muatan wajib
  25. Jawaban: C

  26. Prosedur yang meliputi perumusan tujuan penilaian, pemilihan dan atau pengembangan instrumen, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian disebut....

  27. A. kriteria penilaian
  28. B. syarat penilaian
  29. C. indikator penilaian
  30. D. aspek penilaian
  31. E. mekanisme penilaian
  32. Jawaban: E

  33. Pilih satu pernyataan yang tidak benar terkait pelaksanaan pembelajaran. (Soal Tidak Lengkap)....

  34. Jawaban: A

  35. Yang manakah di antara pernyataan berikut yang benar?

  36. A. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  37. B. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran selain dilaksanakan oleh pendidik dapat dilaksanakan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan dan atau peserta didik.
  38. C. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan oleh pendidik yang bersangkutan.
  39. D. Jawaban a, b, c dan d benar semua.
  40. E. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memberikan keteladanan, pendampingan dan fasilitasi.
  41. Jawaban: D

  42. Standar proses memiliki .... kegiatan dalam pembelajaran.

  43. A. tiga
  44. B. enam
  45. C. lima
  46. D. tujuh
  47. E. empat
  48. Jawaban: E

  49. Standar isi adalah....

  50. A. kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan
  51. B. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
  52. C. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
  53. D. kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik
  54. E. kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu
  55. Jawaban: E

  56. Berikut adalah hal-hal penting tentang standar kompetensi lulusan (SKL) kecuali....

    • A. SKL digunakan sebagai acuan dalam pengembangan 7 standar lainnya.
    • B. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah umum difokuskan pada raihan kejuaraan lomba baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan atau internasional.
    • C. Ketercapaian SKL ditentukan berdasarkan data komprehensif mengenai peserta didik yang diperoleh secara berkesinambungan selama periode pembelajaran.
    • D. SKL pada satuan jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.
    • E. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah kejuruan difokuskan pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
    • Jawaban: B


Kunci Jawaban 3.4 Konsep Inovasi Madrasah

  1. Penerapan hal-hal yang baru berupa ide, praktik, proses, pelayanan, ideology, strategi atau objek; dalam suatu pelaksanaan tugas sebagai penerapan pengetahuan dan berimplikasi pada perubahan, ini merupakan pemahaman tentang....
  2. A. Inovasi
  3. B. Kreatifitas
  4. C. Kesuksesan
  5. D. Keaktifan
  6. Jawaban: A

  7. Madrasah yang terus menerus melakukan pembaharuan dalam merespon perubahan lingkungan, memiliki kemampuan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan lembaganya, sehingga adaptif terhadap perubahan jaman disebut ....

  8. A. Madrasah kreatif
  9. B. Madrasah reaktif
  10. C. Madrasah adaptif
  11. D. Madrasah inovatif
  12. Jawaban: D

  13. Salah satu yang termasuk karakteristik inovasi madrasah adalah ..

  14. A. Kreatif
  15. B. Sederhana
  16. C. Biasa saja
  17. D. Kompatibel
  18. Jawaban: D

  19. Lembaga pendidikan formal dibawah binaan Menteri Agama yang kurikulumnya mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dan memiliki muatan agama lebih banyak dibanding sekolah umum, merupakan pengertian dari....

  20. A. Yayasan
  21. B. Madrasah
  22. C. Sekolah
  23. D. Kursus
  24. Jawaban: B

  25. Hasil inovasi dan ciptaan dari bawahan dan dilakukan sebagai usaha meningkatkan penyelenggaraan dan mutu Pendidikan merupakan pengertian dari....

  26. A. Middle up model
  27. B. Top down model
  28. C. Bottom middle model
  29. D. Bottom up model
  30. Jawaban: D

  31. Inovasi yang dilaksanakan dan diterapkan kepada bawahan dengan cara mengajak, menganjurkan bahkan bisa dengan memaksanakan suatu perubahan disebut dengan model....

  32. A. Bottom up model
  33. B. Top down model
  34. C. Middle up model
  35. D. Middle down model
  36. Jawaban: B

  37. Tujuan dari Madrasah adalah ....

  38. A. Meningkatkan keterampilan, kepribadian dan agama
  39. B. Meningkatkan kecerdasan, Pendidikan dan akhlak mulia
  40. C. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
  41. D. Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
  42. Jawaban: D

  43. Inovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi penerimanya adalah salah satu karakteristik inovasi madrasah....

  44. A. Triabilitas
  45. B. Kompatibel
  46. C. Dapat diamati
  47. D. Keuntungan relative
  48. Jawaban: D

  49. Triabilitas merupakan inovasi yang....

  50. A. Suatu inovasi yang mudah dilihat
  51. B. Suatu inovasi yang datang karena desakan
  52. C. Suatu inovasi yang telah diujicoba sebelum di publish
  53. D. Suatu inovasi dadakan
  54. Jawaban: C

  55. Bentuk inovasi madrasah ada dua macam, yaitu....

    • A. Bottom up model dan middle up model
    • B. Top down model dan middle up model
    • C. Top down Model dan bottom up model
    • D. Bottom up model dan middle down model
    • Jawaban: C

Posting Komentar

0 Komentar

Posting Komentar (0)
3/related/default