
Bocoran Jawaban Modul 3.1-3.6 PINTAR Kemenag 2025
Kementerian Agama Republik Indonesia melalui platform PINTAR menggelar pelatihan daring bertajuk "The Hero In Learning: Belajar adalah bentuk perjuangan masa kini." Salah satu program yang dilaksanakan adalah Pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah, yang bertujuan untuk mendorong praktik baik dan inovasi di lingkungan madrasah sebagai kontribusi nyata dalam memajukan mutu pendidikan keagamaan.
Pelatihan ini diselenggarakan secara full online dan asynchronous berbasis MOOC, sehingga peserta dapat mengikutinya dengan fleksibel tanpa sesi Zoom atau tatap muka. Pendaftaran telah dibuka pada 10–12 November 2025, sementara pelatihan berlangsung dari 13–17 November 2025 dengan total 20 JP. Peserta dapat menyelesaikan modul kapan saja selama periode tersebut.
Sasaran pelatihan mencakup kepala madrasah, wakil kepala, guru, pengawas, serta bagian pendidikan madrasah di kantor Kemenag. Tujuan utamanya adalah agar setiap madrasah mampu menjadi pelopor inovasi dan berbagi praktik baik untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Materi pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag 2025 mencakup beberapa modul, yaitu:
- Modul 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah
- Modul 3.2 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 1
- Modul 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 2
- Modul 3.4 Konsep Inovasi Madrasah
- Modul 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice)
- Modul 3.6 Penyusunan Rancangan Program Inovasi Madrasah
Berikut adalah bocoran jawaban untuk modul-modul tersebut:
Kunci Jawaban 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah
- Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk....
- A. Meningkatkan kompetensi guru
- B. Meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan madrasah
- C. Meningkatkan kualitas pendidikan agama
- D. Semua jawaban benar
-
Jawaban: D
-
Manajemen berbasis madrasah adalah konsep manajemen yang berorientasi pada:
- A. Peningkatan mutu pendidikan
- B. Pemenuhan kebutuhan siswa
- C. Keuntungan finansial
- D. Efisiensi penggunaan sumber daya
-
Jawaban: A
-
Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:
- A. Melakukan evaluasi dan pemantauan kegiatan
- B. Menyusun anggaran belanja madrasah
- C. Semua jawaban benar
- D. Menetapkan aturan dan tata tertib madrasah
-
Jawaban: A
-
Salah satu prinsip manajemen berbasis madrasah adalah....
- A. Semua jawaban benar
- B. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
- C. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran
- D. Pendidikan berbasis karakter
-
Jawaban: A
-
Tujuan dari manajemen berbasis madrasah adalah....
- A. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya
- B. Semua jawaban benar
- C. Meningkatkan efisiensi biaya operasional
- D. Meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua
-
Jawaban: B
-
Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:
- A. Melakukan evaluasi kurikulum
- B. Meningkatkan pendapatan yayasan
- C. Menambah jumlah tenaga pengajar
- D. Memperbaiki fasilitas fisik madrasah
-
Jawaban: A
-
Metode pengembangan manajemen berbasis madrasah yang dapat dilakukan adalah:
- A. Meningkatkan fasilitas fisik madrasah
- B. Semua jawaban benar
- C. Pelatihan dan pembinaan guru
- D. Pengadaan perangkat pembelajaran
-
Jawaban: B
-
Salah satu tugas kepala madrasah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:
- A. Menyusun kurikulum madrasah
- B. Semua jawaban benar
- C. Mengelola program pendidikan
- D. Mengatur keuangan madrasah
-
Jawaban: B
-
Manajemen berbasis madrasah melibatkan pihak-pihak seperti:
- A. Orang tua siswa
- B. Semua jawaban benar
- C. Kepala madrasah
- D. Guru
-
Jawaban: B
-
Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk:
- A. Meningkatkan efektivitas pengelolaan madrasah
- B. Meningkatkan peran guru dalam pembelajaran
- C. Meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan
- D. Semua jawaban benar
- Jawaban: D
Kunci Jawaban 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 2
- Peraturan yang mengatur tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan tercantum dalam....
- A. Permendikbudristek No 5 Tahun 2022
- B. Permenbudristek No 32 Tahun 2022
- C. PP No 4 Tahun 2022
- D. Permendikbudristek No 9 Tahun 2022
-
Jawaban: C
-
Pasal 3 Ayat (2) dalam PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menyebutkan bahwa SNP digunakan sebagai acuan....
- A. standarisasi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan
- B. pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
- C. terpenuhinya target Generasi Emas 2045
- D. penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, nonformal dan informal
-
Jawaban: B
-
Kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan disebut.....
- A. standar penilaian Sekolah
- B. standar pengelolaan
- C. standar kompetensi lulusan
- D. standar proses
- E. standar penilaian Pendidikan
-
Jawaban: C
-
Berikut ini adalah dasar ruang lingkup materi yang dirumuskan dalam standar isi, kecuali....
- A. konsep keilmuan
- B. jalur
- C. latar belakang
- D. muatan wajib
-
Jawaban: C
-
Prosedur yang meliputi perumusan tujuan penilaian, pemilihan dan atau pengembangan instrumen, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian disebut....
- A. kriteria penilaian
- B. syarat penilaian
- C. indikator penilaian
- D. aspek penilaian
- E. mekanisme penilaian
-
Jawaban: E
-
Pilih satu pernyataan yang tidak benar terkait pelaksanaan pembelajaran. (Soal Tidak Lengkap)....
-
Jawaban: A
-
Yang manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
- A. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
- B. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran selain dilaksanakan oleh pendidik dapat dilaksanakan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan dan atau peserta didik.
- C. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan oleh pendidik yang bersangkutan.
- D. Jawaban a, b, c dan d benar semua.
- E. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memberikan keteladanan, pendampingan dan fasilitasi.
-
Jawaban: D
-
Standar proses memiliki .... kegiatan dalam pembelajaran.
- A. tiga
- B. enam
- C. lima
- D. tujuh
- E. empat
-
Jawaban: E
-
Standar isi adalah....
- A. kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan
- B. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
- C. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
- D. kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik
- E. kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu
-
Jawaban: E
-
Berikut adalah hal-hal penting tentang standar kompetensi lulusan (SKL) kecuali....
- A. SKL digunakan sebagai acuan dalam pengembangan 7 standar lainnya.
- B. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah umum difokuskan pada raihan kejuaraan lomba baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan atau internasional.
- C. Ketercapaian SKL ditentukan berdasarkan data komprehensif mengenai peserta didik yang diperoleh secara berkesinambungan selama periode pembelajaran.
- D. SKL pada satuan jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.
- E. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah kejuruan difokuskan pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
- Jawaban: B
Kunci Jawaban 3.4 Konsep Inovasi Madrasah
- Penerapan hal-hal yang baru berupa ide, praktik, proses, pelayanan, ideology, strategi atau objek; dalam suatu pelaksanaan tugas sebagai penerapan pengetahuan dan berimplikasi pada perubahan, ini merupakan pemahaman tentang....
- A. Inovasi
- B. Kreatifitas
- C. Kesuksesan
- D. Keaktifan
-
Jawaban: A
-
Madrasah yang terus menerus melakukan pembaharuan dalam merespon perubahan lingkungan, memiliki kemampuan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan lembaganya, sehingga adaptif terhadap perubahan jaman disebut ....
- A. Madrasah kreatif
- B. Madrasah reaktif
- C. Madrasah adaptif
- D. Madrasah inovatif
-
Jawaban: D
-
Salah satu yang termasuk karakteristik inovasi madrasah adalah ..
- A. Kreatif
- B. Sederhana
- C. Biasa saja
- D. Kompatibel
-
Jawaban: D
-
Lembaga pendidikan formal dibawah binaan Menteri Agama yang kurikulumnya mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dan memiliki muatan agama lebih banyak dibanding sekolah umum, merupakan pengertian dari....
- A. Yayasan
- B. Madrasah
- C. Sekolah
- D. Kursus
-
Jawaban: B
-
Hasil inovasi dan ciptaan dari bawahan dan dilakukan sebagai usaha meningkatkan penyelenggaraan dan mutu Pendidikan merupakan pengertian dari....
- A. Middle up model
- B. Top down model
- C. Bottom middle model
- D. Bottom up model
-
Jawaban: D
-
Inovasi yang dilaksanakan dan diterapkan kepada bawahan dengan cara mengajak, menganjurkan bahkan bisa dengan memaksanakan suatu perubahan disebut dengan model....
- A. Bottom up model
- B. Top down model
- C. Middle up model
- D. Middle down model
-
Jawaban: B
-
Tujuan dari Madrasah adalah ....
- A. Meningkatkan keterampilan, kepribadian dan agama
- B. Meningkatkan kecerdasan, Pendidikan dan akhlak mulia
- C. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
- D. Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
-
Jawaban: D
-
Inovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi penerimanya adalah salah satu karakteristik inovasi madrasah....
- A. Triabilitas
- B. Kompatibel
- C. Dapat diamati
- D. Keuntungan relative
-
Jawaban: D
-
Triabilitas merupakan inovasi yang....
- A. Suatu inovasi yang mudah dilihat
- B. Suatu inovasi yang datang karena desakan
- C. Suatu inovasi yang telah diujicoba sebelum di publish
- D. Suatu inovasi dadakan
-
Jawaban: C
-
Bentuk inovasi madrasah ada dua macam, yaitu....
- A. Bottom up model dan middle up model
- B. Top down model dan middle up model
- C. Top down Model dan bottom up model
- D. Bottom up model dan middle down model
- Jawaban: C